The Medallion (2003)
Alkisah, ada sebuah buku kuno yang meramalkan bahwa dalam setiap kurun waktu 1000 tahun sekali akan hadir manusia terpilih yang memiliki kekuatan magis dalam menyatukan dua bagian medali keramat. Medali ini diyakini dapat merubah manusia biasa menjadi manusia super dan hidup abadi. Anak yang diramalkan buku itu ada di jaman ini, ia bernama Jai (Alex Bao). Para biarawan menjaga dan melindungi Jai beserta medali keramat di kuil Kwun Yum Hongkong.

Film dibuka dengan menampilkan sosok pemilik toko buku lawas dalam keremangan membuka sebuah peti kiriman. Dalam peti itu terdapat sebuah buku kuno. Dengan hati-hati pemilik toko itu mengambil buku dan membersihkannya dari debu yang menempel. AJ "Snakehead" Staul (Julian Sands) muncul dari sebuah pojok gelap, merebut buku itu dan kemudian membukanya. Terbaca disana:

"Di bulan ke empat tahun ular, seorang anak akan terpilih untuk menggabungkan medali keramat menjadi satu. Dengan sentuhannya, yang terlahir akan diberkati dengan kekuatan supernatural yang luar biasa. "

Snakehead memberi pemilik toko buku itu segepok uang sambil berkata, "Sesuai perjanjian!". Pemilik buku itu menolak, "Sungguh sial, ada banyak orang yang mau membayar lebih sebagai penjaga buku itu". "Kesialan di ruangan ini adalah hidupmu", jawab Snakehead sambil menempelkan ujung pisau ke dagu pemilik toko buku. Takut dengan ancaman itu, ia berkata, "Sebenarnya... anda cukup dermawan". Dengan langkah tenang, Snakehead keluar dari toko.

Kehadiran Snakehead bersama dengan gerombolannya di Hongkong sebenarnya sudah tercium oleh pihak polisi, akan tetapi, mereka belum mengetahui bahwa tujuan Snakehead di Hongkong adalah menculik Jai memanfaatkan medali keramat untuk membangun pasukan manusia super yang dikenal dengan nama "Highbinders" dalam rangka menguasai dunia. Sebuah pasukan kecil interpol di bawah pimpinan Arthur Watson (Lee Evans) ditugaskan untuk melakukan penyelidikan dan menangkap Snakehead, dibantu polisi Hongkong, di bawah pimpinan inspektur Eddie Yang (Jackie Chan).

Upaya Snakehead menculik Jai dari kuil Kwun Yum dapat digagalkan berkat kesigapan polisi, akan tetapi mereka gagal menangkap Snakehead yang melarikan diri setelah membakar kuil. Dua minggu kemudian, Snakehead berhasil membawa Jai di atas kapal kargo. Eddie dan tim kepolisian Hong Kong berhasil mengalahkan beberapa orang Snakehead, tetapi Snakehead lolos lagi. Ia membawa Jai ke Dublin, Irlandia.

Tiba di kantor pusat interpol Dublin, Eddie tak menyangka bertemu kembali dengan pacarnya, seorang agen Interpol Inggris bernama Nicole James (Claire Forlani), dan lagi-lagi... Arthur Watson. Secara kebetulan, Eddie kemudian bertemu dan menangkap salah satu orang terkemuka Snakehead, yang memberikan informasi berharga bahwa Jai disekap di pelabuhan.

Eddie, Watson, dan Nicole bergerak untuk menyelamatkan Jai. Setelah mengalahkan beberapa agen Snakehead, Eddie dan Jai terperangkap di sebuah kontainer yang terlempar ke laut. Eddie menyelamatkan Jai ke dalam tenda tiup, sementara kontainer itu perlahan-lahan tenggelam ke dalam air. Watson dan Nicole berhasil mengangkat kembali kontainer itu ke permukaan, Jai selamat berkat tenda tiup. Sementara Eddie meninggal karena kehabisan oksigen.

Di kamar mayat, Watson berduka di dekat mayat Eddie dan bersiap untuk mengucapkan kata-kata terakhirnya, ketika Eddie tiba-tiba muncul di sampingnya. Eddie baru menyadari dirinya dihidupkan kembali oleh Jai dengan menggunakan kesaktian medali sesaat sebelum di bawa ke rumah sakit. Ketika bertemu kembali dengan Jai, Jai membagi medali menjadi dua bagian, memberikan salah satunya kepada Eddie.

Pasukan Snakehead muncul di rumah sakit untuk merebut kembali Jai, dan selama pertarungan, Eddie menemukan medali itu juga memberinya kekuatan manusia super dan keabadian. Dalam pertarungan itu, Jai berhasil dibawa lari oleh pasukan Snakehead dan menahannya di kastil markas Snakehead. Snakehead memaksa Jai menggunakan medali untuk menjadikannya manusia super. Proses ini berhasil dilakukan. Snakehead benar-benar menjadi manusia super sebagaimana Eddie. Akan tetapi, karena hanya separuh medali yang berada di tangan Jai, Snakehead tidak abadi.

Menyadari hal itu, Snakehead berupaya mendapatkan separuh medali yang berada di tangan Eddie dengan menyerang keluarga Watson dan menjadikannya sandera. Dalam pertarungan itu, Istri Tionghoa Watson menyatakan bahwa dirinya adalah seorang polisi. Hal itu sangat mengejutkan Watson, karena selama ini Watson juga merahasiakan pekerjaannya dari keluarganya. Bersama-sama mereka menahan serangan pasukan Snakehead.

Eddie, Watson, dan Nicole menyusun rencana untuk membalas serangan Snakehead dengan menyerbu kastil Snakehead. Pada awalnya operasi berjalan lancar, apalagi Eddie memiliki kekuatan manusia super. Akan tetapi kemudian Snakehead berhasil membunuh Nicole dan menjadi manusia super nan abadi sebagaimana Eddie. Dua manusia super ini terlibat dalam pertarungan seru sampai pada akhirnya Eddie berhasil menggunakan kekuatan medali membunuh Snakehead.

Di akhir cerita, Jai menggunakan medali menghidupkan kembali Nicole, dengan bonus kekuaran super dan keabadian. Eddie dan Nicole kemudian berlari dengan kecepatan manusia super sambil berpegangan tangan, sementara Jai membuka portal dan melompat ke dalamnya. Watson memandang mereka dengan wajah ketakutan.

Trailer The Medallion (2003)


Nonton The Medallion (2003)