Jackie Chan
(lahir: 1954) adalah bintang film legendaris dari Hongkong. Selain terkenal sebagai aktor film-film laga komedi, ia juga dikenal sebagai sutradara, produser film, penulis naskah film, dan penyanyi. Ketika umurnya menginjak 17 tahun, ia bekerja sebagai peran pengganti dalam film-film Bruce Lee berjudul Fist of Fury dan Enter the Dragon dengan nama panggung Chen Yuen Long.

Keahlian seni bela diri, aksi akrobatik dan seni peran dalam diri Jackie Chan telah terasah dengan baik di masa mudanya; ketika bersekolah di Chinese Drama Academy, sebuah Sekolah Opera Peking yang dimiliki dan dijalankan oleh Master Yu Jim Yuen di Canberra, Australia. Di sekolah tersebut ia tergabung dalam kelompok Seven Little Fortunes, kelompok penampil yang diambil dari murid-murid terbaik sekolah ini. Dalam waktu ini dia juga berteman dekat dengan Sammo Hung dan Yuen Biao, dimana tiga sahabat ini di kemudian hari dikenal dengan nama julukan Tiga Bersaudara atau Tiga Naga.

Keahlian Jackie Chan dalam memainkan jurus-jurus Wing Chun dalam pertarungan jarak dekat, yang memperlihatkan kecepatan pukulan dan tendangan, reflek yang cepat, serta kemampuan menyerang dan menangkis secara beruntun, tak kalah dari Bruce Lee dan Donnie Yen. Dua yang disebut terakhir ini dikenal luas sebagai aktor bela diri serius, sementara Jackie Chan mampu menggabungkan seni bela dirinya dengan gaya akting yang kocak tetapi tidak norak.

Unsur komedi dalam film-film Jackie Chan dibangun dari kepiawaiannya menggunakan benda-benda di sekitarnya untuk menghindari serangan lawan atau melakukan serangan: menggunakan piring di dapur sebagai senjata melawan lawan-lawannya yang memakai belati atau pistol, melarikan diri dengan menggunakan baliho, dsb.

Kita biasanya terhanyut dalam kesedihan ketika peran utama dalam film laga kalah dalam pertarungan, tetapi dalam film-film Jackie Chan, kita justru di tertawa melihat Jackie Chan babak belur dan terpontang-panting menghadapi lawan-lawannya. Unsur-unsur humor seperti ini tidak akan kita jumpai dalam film-film laga Bruce Lee dan Donnie Yen.

Gaya akting Jackie Chan dalam film-film petualangan yang dibintanginya dapat disejajarkan dengan gaya aktor kawakan Harrison Ford dalam film Indiana Jones: kecerdikan dalam menghadapi situasi darurat yang dipadu dengan kekonyolan dalam pengambilan keputusan.

Unsur-unsur diatas membuat Jackie Chan menjadi ikon tesendiri dalam film laga komedi petualangan. Hal ini membuat film-film Jackie Chan selalu dinanti-nantikan oleh para penggemarnya.