10 Fakta Menarik Tentang Sun Go Kong

(1) Sun Go Kong adalah Tokoh Fiktif

Banyak yang menyangka, Sun Go Kong adalah mitos, yakni lahir dari folklore rakyat Tiongkok. Padahal senyatanya, ia adalah tokoh fiktif dari sebuah novel yang berjudul Perjalanan ke Barat (Xi You Ji, Journey to The West). Ditulis oleh Wu Chengen sekitar pertengahan abad ke-16.

(2) Sun Go Kong Lahir dari Batu

Tidak sebagaimana makhluk hidup lain yang punya bapak dan ibu, Sun Go Kong lahir dari batu. Diceritakan batu itu menerima energi (qi) dari matahari dan bulan selama ribuan tahun. Itulah sebabnya, setiap ada yang bertanya siapa orangtuanya, Sun Go akan menjawab "langit dan bumi adalah orangtuaku".

(3) Sun Go Kong Tidak Punya Ekor

Ketika muncul dari batu, ia berwujud monster monyet raksasa. Saat itu Chu Pat Kai (siluman babi adik angkat kedua Sun Go Kong) yang masih menjabat sebagai Dewa kayangan, diberi perintah untuk melawannya. Dalam pertarungannya dengan Sun Go Kong, ia tak sengaja memotong ekornya. Saat itulah, Sun Go Kong berubah wujud menjadi monyet seukuran manusia tanpa ekor.

(4) Yang Memberi Nama Sun Go Kong adalah Bodhi, salah satu guru Buddhisme/Taoisme.

Karena kegigihan dan ketabahannya, Bodhi tertarik untuk mendidik monyet itu dan memberinya nama resmi Sun Go Kong ("Sun" menunjukkan asal-usulnya sebagai monyet dan "Go Kong" membawa pengertian sadar akan kekosongan).

(5) Sun Go Kong punya kemampuan mata Huoyan Jinjing

Huoyan Jinjing adalah kemampuan Sun Go Kong yang sangat membantu dalam perjalanannya dengan Biksu Tong dan saudara-saudara angkatnya. Dengan Huoyan Jinjing, ia bisa melihat di dalam kepulan asap bara api serta dapat melihat wujud sebenarnya dari siluman yang menyamar.

(6) Sun Go Kong Tidak Pandai Berenang

Ketika Biksu Tong diculik oleh Wua Jing (adik angkat ketiga Sun Go Kong), Sun Go Kong tidak bisa berbuat apa-apa, karena Wua Jing bersembunyi di dalam danau. Ketika itulah baru ketahuan bahwa Sun Go Kong tidak bisa berenang.

(7) Senjata Utama Sun Go Kong adalah Riyu Jingu Bang

Riyu Jingu Bang adalah senjata berbentuk tongkat, yang dapat berubah ukuran sesuai kehendak pemiliknya. Bahkan bisa disimpan dalam telinga. Sebaliknya, tongkat tersebut juga bisa membesar seukuran tiang raksasa.

Berat tongkat itu adalah 13,500 kati (8.1 ton). Saat Sun Go Kong mendekatinya, tongkat itu bersinar, menandakan bahwa ia telah menjumpai pemiliknya yang benar.

(8) Sun Go Kong Menguasai Ilmu 72 Perubahan

Sun Go Kong adalah salah satu pengikut kesayangan Bodhi. Bodhi membimbing dan melatihnya berbagai ilmu sakti dan Sun Go Kong menguasai ilmu perubahan bentuk yang dikenal sebagai "72 perubahan". Ilmu itu membuat yang menguasainya dapat berubah wujud dalam berbagai bentuk yang memungkinkan, termasuk manusia dan barang.

(9) Kendaraannya Awan Kinton

Sun Go Kong memiliki Kinton, awan ajaib yang selalu datang kapanpun dibutuhkan. Dengan awan itu, ia bisa terbang sejauh 108.000 li atau setara dengan 540.000 km.

(10) Sun Go Kong Bisa Mengubah Bulu Tubuhnya Menjadi Apa Saja

Konon, jumlah bulu Sun Go Kong adalah 84000 helai, dimana setiap helainya dapat ia perintahkan untuk berubah menjadi berbagai bentuk barang atau makhluk hidup.