Wing Chun (secara harfiah bermakna "nyanyian musim semi" atau "musim semi abadi") adalah salah satu seni bela diri Tiongkok yang terkenal dengan efektifitasnya dalam pertarungan jarak dekat, menggunakan pukulan dan tangkisan cepat beruntun, ketangkasan gerak kaki, serta pengaturan posisi dan struktur tubuh dalam menghadapi serangan lawan.

Nama bela diri ini diambil dari nama pendirinya, yakni Yim Wing Chun. Dengan demikian tidak ada kaitannya dengan makna harfiahnya. Yim Wing Chun sendiri sebenarnya bukanlah penemu teknik ini. Ia mempelajarinya dari seorang biksu wanita shaolin yang bernama Ng Mui. Diceritakan, Ng Mui menciptakan teknik baru dalam bela diri yang dikemudian hari dikenal dengan nama Wing Chun ini setelah menyaksikan pertarungan antara ular dan burung bangau. Sebelumnya, Ng Mui sendiri adalah ahli bela diri shaolin. Ng Mui mengajarkan teknik bela diri ini kepada Yim Wing Chun dengan mempergunakan sebuah boneka kayu yang memiliki dua lengan, dengkul dan kaki. Boneka kayu ini dinamai Mok Yan Jong atau Boneka Kayu Wing Chun.

Saat ini, seni bela diri Wing Chun terkenal di seluruh penjuru Asia dan Amerika. Hal ini tak lepas dari larisnya film-film laga yang dibintangi oleh Bruce Lee, Donnie Yen, Dan Jackie Chan. 

20 Teknik Terbaik Wing Chun